Sejak Umur Berapakah Anakan Kalkun Makan Hijauan

Pakan Khusus Bagi Anakan Budidaya Kalkun 0 - 2 Bulan

Bagi pelaku budidaya kalkun yang sudah berpengalaman, tentunya sudah tahu atau setidaknya tidak perlu bingung untuk memberikan porsi pakan ayam kalkun.Tetapi bagi peternak ayam kalkun pemula atau yang masih ingin berencana memelihara ayam kalkun, akan sedikit kebingungan dalam hal ini. Maka dari itu mari simak referensi pemberian pakan ayam kalkun sesuai umurnya berikut ini.

Pemberian pakan budidaya kalkun sesuai kondisi dan umurnya itu sangat penting, karena untuk jenis anakan budidaya kalkun dan ayam kalkun dewasa memiliki porsi pakan dan menu yang berbeda, 
karena kemampuan lambung ayam kalkun untuk menampung makanan dan kemampuan untuk mencerna makanan akan berbeda.

Di masa pertumbuhan, biasanya ayam kalkun membutuhkan gizi dan nutrisi yang lebih tinggi. 
Adapun porsi yang bisa diberikan kepada ayam kalkun sesuai umurnya sebagai berikut :

KALKUN UMUR 1 - 7 HARI [ 1-2 MINGGU]

Untuk pemberian pakan budidaya kalkun umur 1 hari sampai 7 hari berikanlah konsentrat yang dicampur dengan air secukupnya. 
Aduk konsentrat dengan memasukkan air sedikit demi sedikit sampai merata, pemberian air ini hanya sedikit tidak sampai adonan menjadi lembek, 
jadikan adonan bila diperas dengan cara digenggam tidak mengeluarkan air tetapi adonan terasa basah.
Anakan budidaya kalkun umur 1 minggu sampai 2 minggu diberikan campuran konsentrat, bekatul, dan hijauan (daun/sayur). 

Cara membuatnya yaitu dengan cara memotong-motong hijauan sampai berukuran kecil yang sekiranya bisa dimakan atau sesuai dengan ukuran paruh anak ayam kalkun ini. 
Kemudian campurkan semua bahan tersebut dengan perbandingan 50% konsentrat, 30% bekatul, dan 20% hijauan. Jangan lupa menambahkan air secukupnya pada adonan ini, jumlah air bisa lebih banyak tetapi tidak encer. 

Anakan budidaya kalkun pada umur ini juga sudah bisa diberikan full air minum yang ditaruh dalam wadah. Meskipun begitu, pastikan anakan budidaya kalkun ini jangan sampai masuk ke dalam air minum ini, karena umur sekian juga masih rentan terhadap suhu rendah.Pemberian pakan budidaya kalkun sesuai kondisi dan umurnya itu sangat penting, 
karena kemampuan lambung ayam kalkun untuk menampung makanan dan mencerna makanan. Pemberian pakan budidaya kalkun sesuai kondisi dan umurnya itu sangat penting, karena kemampuan lambung ayam kalkun untuk menampung makanan dan mencerna makanan berbeda sesuai usianya. 

KALKUN UMUR 14 - 28 HARI [ 2-4 MINGGU]

Pada waktu anakan budidaya kalkun umur 2 minggu sampai 4 minggu, bahan-bahan pakannya sama seperti porsi pakan anakan budidaya kalkun saat umur 1-2 minggu. Meskipun sama tetapi porsinya berbeda, untuk porsinya sendiri adalah 40% konsentrat 1, 30% bekatul, dan 30% hijauan. Jumlah air dalam adonan dan cara membuatnya juga sama seperti porsi pakan anak ayam kalkun 1-2 minggu. 

Pemberian air minum dalam wadah juga sangat diperkenankan, karena kebutuhan cairan pada tubuh anakan budidaya kalkun ini sudah mulai meningkat. 

Dan jangan lupa untuk mengganti air minum bila sudah kotor, dan bersihkan juga wadah air minum ini agar tidak ditumbuhi oleh sumber penyakit yang dapat mengancam budidaya kalkun.

KALKUN UMUR 1 - 2 BULAN

Saat anakan budidaya kalkun berumur 1 hingga 2 bulan, pemberian pakan anakan budidaya kalkun juga masih sama dengan bahan-bahan makanan dan cara membuat 
pakan ayam kalkun pada umur-umur sebelumnya, tetapi porsi konsentrat dan bekatul sudah bisa dikurangi dan menambah porsi hijauan. 
Untuk perbandingan porsinya adalah 25% konsentrat, 25% bekatul, dan 50% hijauan.


KALKUN UMUR 2 BULAN DAN SELANJUTNYA

Pada anakan budidaya kalkun SETELAH 2 bulan sudah mulai gampang untuk masalah pakannya, karena porsi konsentrat dan bekatul sudah banyak dikurangi. 
Tetapi bahan-bahannya masih sama dengan bahan pakan budidaya kalkun pada tahap sebelumnya, Untuk perbandingan porsinya adalah konsentrat 10%, bekatul 20%, dan hijauan 70%.

Adapun pengurangan porsi konsentrat dan bekatul bertujuan untuk memangkas biaya pengeluaran untuk belanja pakan budidaya kalkun, karena harga hijauan jauh lebih murah dibandingkan harga konsentrat dan bekatul. 
Karena kita bisa mendapatkan hijauan dengan mudah di pekarangan rumah yang kita tanam sendiri atau kita bisa membeli sisa-sisa sayuran di pasar tradisional dengan harga yang sangat murah. 
Itulah informasi singkat mengenai pemeliharaan anakan hasil budidaya kalkun serta ketentuan penggunaan kandang budidaya kalkun (dari berbagai sumber).



Sumber : 
http://tips-ukm.com/merawat-anakan-hasil-budidaya-kalkun/

0 Response to "Sejak Umur Berapakah Anakan Kalkun Makan Hijauan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel