Memilih dan Cara Menetaskan Telur Kalkun


Perbandingan Telur Ayam Kalkun dan Telur Ayam Petelur


Memilih dan Cara Menetaskan Telur Kalkun
Telur kalkun

untuk telur yang akan di tetaskan sebaiknya pahami benar tentang usia telur, bentuk telur, embrio telur dan tentu kualitas induknya. 

kenapa perlu untuk dipahami?? Karna agar keberhasilan tetas telur meningkat, tidak membuang waktu induk yang mengeramin secara percuma dan tentu agar bibit kalkun yang lahir jauh lebih unggul.

1. Telur yang akan ditetaskan sebaiknya dari indukan yang baik pula.

Contoh Indukan Ayam Kalkun yang Unggul


Berikut sedikit acuan untuk induk ayam kalkun yang akan ditetaskan telurnya: 

A . Dari segi badan indukan ayam kalkun besar ramping
B.  Indukan Ayam Kalkun sehat secara fisik di tandai nafsu     makan yang baik, lincah dan bersih
C. Induk berumur tidak lebih dari 1 tahun ( di atas itu kualitas telur akan menurun sehingga menghasilkan anakan yang kurang baik serta daya tetas rendah )
D.  Pastikan Indukan diketahui sendiri kawin, bisa di tandai kalkun yang sudah kawin dengan pita di kakinya karna sering kali kalkun betina bertelur walau tanpa pejantan telur semacam itu jika di tetaskan tentu tidak menetas

2. Telur yang baik untuk di tetaskan

Berikut kriteria atau sekedar acuan telur ayam kalkun yang akan ditetaskan:

A. Telur berbentuk secara sempurna tidak ada benjolan, retakan, lembek ataupun sisi telur kasar.
B. Telur yang baik di tetaskan tidak boleh melebihi 5 hari dari waktu penyimpanan sementara, hal itu akan mengurangi presentase menetas ( berlaku jika ditetaskan dalam mesin box penetas )
C. Teropong mengunakan lampu senter, lihat apa ada embrionya yang berwarna hitam. jika tidak ada embrio sebaiknya telur di konsumsi karna 99% akan gagal menetas.
D. Jika ingin menyimpan telur yang kemudian hari ingin ditetaskan melalui mesin box penetas sebaiknya bagian yang tumbul menghadap ke atas, waktu penyimpanan jangan lebib dari 5 hari
E. Bersihkan telur yang akan ditetaskan melalui mesin box penetas dengan densifektan hati-hati usap secara perlahan dan pakai kain yang halus
F. Tunggu hingga 28 hari bisa lebih cepat atau lambat tergantung kelembaban dan suhu, jika lebih dri 30 hari belum menetas bisa di pastikan telur telah busuk atau tidak jadi hal ini berlaku melalui pengeraman induk ataupun melalui mesin penetas.
G. Setelah menetas ambil anak kalkun dan simpan di tempat yang hangat usahakan diberi penghangat lampu neon atau pijar ukuran 10watt, buang telur yang tidak jadi dan tentu ulangi dari awal hingga 90% telur berhasil menetas semua.


Telur Ayam Kalkun 


1 Response to "Memilih dan Cara Menetaskan Telur Kalkun"

  1. Telur yg sudah di simpam dalam lemari es apa bis menetas

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel